Categories
LUKISAN

Lukisan Yesus Karya Da Vinci

Lukisan langka Leonardo Da Vinci pecahkan rekor penjualan tertinggi dunia, lukisan berjudul ”Salvator Mundi” menjadi karya seni termahal yang pernah dijual dipelelangan. Terjual seharga 450,3 juta dollar AS dirumah pelelangan Christie di New York, Rabu (15/11). Lukisan tersebut adalah salah satu dari 20 karya otentik yang dibuat pelukis Italia yang terkenal tahun 1500-an.

Karya Da Vinci
Source “https://www.curbed.com/”

Salvator Mundi diperkirakan akan terjual sebesar 100 juta dollar AS, namun hal tersebut luput setelah 20 menit pelelangan. Tawaran tersebut jauh dari perkiraan yang di dugakan. Jika dibandingkan dengan lukisan “Les Femmes d’Alger” karya Picasso dimana terjual seharga 174,4 juta dollar AS pada tahun 2015 lampau. Lukisa tersebut sama priodenya dengan lukisan “Mona Lisa” namun lukisan tersebut banyak menarik pengunjung selama proses pralelang di London.

Lukisan Yesus Karya Da Vinci

Karya Da Vinci
source https://www.npr.org/

Salvator Mundi menggambarkan Yesus mengenakan pakaian renaisanse dengan satu tangannya diangkat dan tangan yang lain nya lagi sedang memegang bola Kristal. Lukisan tersebut telah ada sejak lama, dengan cat minyak nya setebal 26 inci. Dilansir dari CNN, pelelangan dilakukan oleh Dmitry Rybolovle, dia adalah seorang oengusaha asak Rusia yang membeli lukisan tersebut seharga 127,5 juta dollar AS pada tahun 2013.

Penjualan Termahal 2017

Puncak tembus nya harga lukisan langka tersebut terjadi pada tahun 2017, dengan harga 450,3 juta dollar AS atau setara dengan Rp.6 triliun. Pembeli lukisan langka karya Leonardo Da Vinci tersebut adalah pangeran asal Arab Saudi, Pangeran Bader Bin Mohammed bin Farhan Al Saud yang telah membeli lukisan “Salvator Mundi” (Juru Selamat Dunia). Pangeran tersebut membuat lukisan itu menjadi lukisan yang paling mahal terjual diseluruh dunia. Setelah dilakukan nya lelang tersebut, pemerintah melakukan penyeledikan terhadap dokumen kepemillikan lukisan tersebut.

Karya Da Vinci
Source “https://intisari.grid.id/”

Pangeran Barder tidak terkenal sebagai kolektor seni, namun dia merupakan keturan kerajaan keluarga bangsawan Arab yang jauh. Dia membeli lukisan tersebut dengan 6 kali cicilan yang dilakukan nya dengan diantaranya melakukan pembayaran dengan harga 58 juta dollar AS atau Rp 758 miliar. Lukisan langka Da Vinci “Salvator Mundi” kini tepajang di museum Louvre Abu Dhabi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *