Categories
Informasi

Penipuan Barang Antik Dengan Harga Selangit

Barang-barang unik pastinya juga memiliki sejarah yang sangat unik, kadang cerita dari kemunculan barang tersebut juga yang membuat barang tersebut memilki harga yang sangat fantastis. Barang antik dengan harga selangit, tentunya tidak akan menjadi masalah serius bagi para kolektor untuk mau mengkoleksi nya secara pribadi.

Para kolektor akan merasa sangat bangga jika telah berhasil memiliki salah satu atau banyak benda antik dengan sejarah yang sangat menarik tersebut. Banyak sekali benda yang tampak nya biasa-biasa saja, namun dibalik kebiasa-biasaannya itu memiliki kisah yang misterius dan menarik.

Namun banyak kasus juga yang berkaitan dengan barang-barang yang dikira barang antik, namun ternyata palsu. Berikut beberapa kasus yang berkaitan dengan pernyataan tentang kepalsuan suatu barang untuk disebutkan sebagai barang antik dan unik.

  1. Kursi Antik

Kursi AntikSalah seorang penjual barang antik, Laurarent Kraemer pada Juli 2017, dia ditangkap dengan dugaan penjualan kursi kepada pihak istana “Pamace of Versailles”. Dia menjual kursi tersebut dengan harga USD 1,9 juta atau setara dengan Rp 27, 4 milliar. Dia mengatakan bahwa kusi tersebut merupakan karya Louis Delanois pada tahun 1769. Dan

kemudian kursi tersebut lantas menjadi harta nasional milik Prancis. Salah satu pejabat istana kemudian merasa curiga ketilka melihat banyak kursi serupa di pasaran. Dan akhirnya terungkap juga bahwa kursi tersebut bukan lah barang antik.

  1. Perak Di Lautan

Perak Di LautanBarry Clifford, pada Mey 2015 yang adalah seorang penjelajah asal Amerika Serikat mengumumkan bahwa dirinya telah menemukan barang antik dari abad ke-17. Benda unik tersebut merupakan batang perak yang mempunyai berat 50 kg. Namun pada Juli 2015, UNESCO membantah bahwa barang tersebut barang bersejarah yang memiliki nilai jual yang sangat tinggi.

Hal tersebut dibantah setelah UNESCO mengunjungi situs si penemu barang tersbut. Fakta yang sangat jauh berbeda dari staitment sang penjelajah sangat berbeda, ditemukan 95% dari batu tersebut adalah  perak biasa dan tidak bisa dibilang sebagai barang yang berharga.

  1. Botol Wiski Macallan 1878

Botol Wiski Macallan 1878

Botol Wisky Macallan 1878 ini terkenal pernah sempat dibandol dengan harga USD 300 ribu atau setara dengan Rp 4,3 M. Setelah kasut tersebut dan terbongkarlah sebuah fakta bahwa dinyatakan palsu pada sebuah investigasi yang telah berlangsung. Setelah banyak nya investigasi dilakukan muncul pernyataan bahwa ternyata Wisky tersebut diproduksi nya tahun 1970, yang tidak bisa dinyatakan sebagai barang antik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *